Rabu, September 03, 2008

HARI INI PENENTUAN NASIB SUMSEL 5 TAHUN MENDATANG

http://mycityblogging.com/bekasi/files/2008/01/pilkada.jpg

Hari ini lima juta lebih warga Sumsel datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menentukan pemimpin mereka lima tahun ke depan. Dua pasang calon akan bersaing ketat untuk memperoleh kemenangan di 16 kabupaten dan kota yang secara serentak menggelar Pilgub Sumsel pada 4 September hari ini.

Suasana di beberapa TPS yang sempat kami pantau ternyata tidak nampak suasana ramai sebagaimana kegiatan pesta demokrasi di masa lalu. Warga lebih memilih untuk santai saja. Tak ada antrian warga yang duduk di ruang tunggu TPS. Demikian juga dengan aktivitas para petugas TPS nya tak nampak sibuk. Semua berjalan dengan lamban dan tidak nampak suasana politik yang memanas.

Diprediksi kedua pasang calon akan mengantongi keunggulan dibeberapa TPS yang berbeda. Di kawasan seberang Ulu pasangan Aldy dengan nomor urut 1 banyak mendapat dukungan. Beberapa warga yang sedang berkumpul usai pencoblosan banyak membicarakan pilihan mereka yang jatuh di nomor urut 1. Suasana seperti ini dijumpai di TPS-TPS yang ada di kawasan 4-5 Ulu, 11 Ulu, 7 Ulu dan banyak kawasan lainnya. Warga disini memilih untuk tetap berkumpul-kumpul di muara-muara lorong.

Sementara itu di daerah seberang Ilir pun kondisinya tak jauh berbeda. Di wilayah Perumna Sako yang banyak dihuni para PNS nampak adanya kekuatan Syahrial-Helmy.; Diwilayah ini para pendukung Aldy lebih memilih diam tidak menonjolkan diri.

“Kami tak berani terang-terangan disini pak”, ujar Halim warga perumnas yang tidak merinci apa penyebab mereka tak berani terang-terangan mendukung pasangan selain SOHE.

Di TPS-TPS yang mayoritas warganya kelompok bawah nampak sangat antusias memberikan dukungan kepada Aldy.

“Kami ingin perubahan, bukan seperti Pilkada Walikota Palembang dulu. Mana hasilnya bagi kami rakyat kecil? Itu karena tak ada perubahan”, ujar Ahmad Syakir warga kelurahan 35 Ilir saat disambangi wartawan disekitar TPS dekat rumahnya. “Kalau orang baru pasti tak bisa berdiam diri, ia harus segera berbuat untuk membuktikan janji dan kemampuannya”, tambahnya lagi.

Perhitungan Cepat

Hasil perhitungan cepat (Quick Qount) Pilgub Sumsel hari ini baru akan diumumkan sekitar pukul 14.00 WIB siang nanti. Beberapa Lembaga Survey ikut andil dalam kegiatan tersebut. Pusat Kajian Pembangunan Strategis (PUSKAPTIS) akan mengumumkannya pada pukul 14.00 WIB di Hotel Horison Palembang. Lembaga Survei Indonesia (LSI) akan mengumumkan hasil perhitungannya pada pukul 15.30 WIB di HoteL Novotel. Sedangkan Lingkaran Survey Indonesia baru akan mengumumkan pada pukul 16.00 WIB di Hotel Horison Palembang.

Hingga pukul 09.00 WIB pagi ini suasana dibeberapa TPS di Palembang nampak berlangsung tertib dan lancar. Petugas Polisi yang ditempatkan bisa duduk tenang menyaksikan jalannya pencoblosan.

Harapan Masyarakat

Beberapa warga yang ditemui wartawan menyampaikan harapan besarnya semoga Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan terpilih nanti adalah pilihan terbaik yang mampu membawa kemajuan dan perubahan besar bagi kesejahteraan rakyat Sumsel.

“Kalau bisa orang yang terpilih adalah figur yang paling bail. Tak lucu jika besok atau lusa Gubernur pilihan rakyat tiba-tiba ditangkap KPK karena kasus Korupsi”, ujar Dachlan warga Sukamaju Sako Palembang.

Luar Palembang

Sementara ituberdasarkan hasil pantauan wartawan dibeberapa kabvupaten dan kota lain di Sumsel menunjukan angka partisipasi warga yang kurang bersemangat mengikuti Pilkada ini. Namun warga di kabupaten OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir, Lahat, Empat Lawang dan Pagaralam nampak jauh lebih proaktif untuk datang ke TPS lebih awal. Dikabupaten-kabupaten ini pasangan nomor urut 1 lebih mendapatkan tempat ketimbang pasangan lainnya. Sedangkan di kabupaten OKI, Musi Rawas, Muara Enim, Prabumulih, dan Lubuk Linggau kekuatan hampir berimbang.

Namun keputusan final siapa yang bakal jadi pemenang baru akan bisa diketahui pada tanggal 14 September mendatang setelah KPU Sumsel secara resmi mengumumkan hasil Pilgub ini. Sedangkan hasil Quick Qount hanyalah hasil sementara yang bisa saja berubah pada perhitungan akhir.

Selamat berdemokrasi. Selamat kepada Pemenang. Selamat kepada warga Sumsel yang telah dewasa berpolitik dan berdemokrasi.

Tidak ada komentar: